Review: Petualangan Dinosaurus, Taman Legenda TMII

Tiba jam 16.30 biar nggak panas...

Awalnya banyak mendengan tentang Taman Dinosaurus, Jurrasic Park, atau semacamnya dari media sosial. Sepertinya menarik, pikir kami. Apalagi Asha selalu menagih jalan-jalan setiap akhir pekan. Untuk mengurangi kunjungan ke mall, akhirnya kami putuskan untuk menyambangi Taman Legenda, TMII yang sedang hits dengan Petualangan Dinosaurusnya.

Tempatnya tidak terlalu besar meski cukup banyak permainan yang bisa dinikmati. Jadi kami putuskan untuk datang di sore hari saja. Jam 16.30 kami baru tiba di Taman Legenda. HTM terusan (bebas naik apa saja) sebesar Rp. 150.000. Cukup mahal menurut saya, karena permainan tidak terlalu banyak, dan setiap permainan hanya boleh dimainkan sekali. Untung sedang ada promo setengah harga. Kami pun memutuskan untuk membeli tiket terusan seharga Rp. 75.000.

Petualangan Dinosaurus menjadi tujuan pertama dan utama bagi kami, karena hanya buka sampai jam 6 sore. Oiya, Taman Legenda ini buka sampai jam 8 malam di akhir pekan. Sementara di weekday, tutup di jam 6 sore. Menarik, di Petualangan Dinosaurus kita mengikuti jalan setapak dengan beragam Dinosaurus (buatan) di sebelah kiri dan kanan jalan. Para Dino ini bergerak dan bersuara. Asha yang selama ini hanya melihat Dinosaurus di buku langsung ketakutan melihat Dinosaurus dengan ukuran besar yang menyemburkan air sebagai ‘ucapan selamat datang’ hihihi… Hasilnya, selama 15-20 menit berpetualang Asha terus menerus minta pulang sambil terkagum-kagum melihat Dino.

Petualangan Dinosaurus memang yang paling menarik di sini

Selanjutnya kami menikmati Nirwata Kisar/Komidi Putar dan Mata Legenda/Bianglala yang infonya tertinggi di Indonesia. Untuk bianglala, tempatnya sempit dan hanya memiliki sedikit ventilasi. Jadi cukup sumpek/panas ya mengingat durasi putarannya sekitar 16 menit.

Tempatnya kecil... dan ventilasi kurang... Jadi sore pun gerah...

Permainan lainnya ada;
  • Riding Baby Dino. Permainan ini banyak kita temui di mall. Bedanya, hewannya Dinosaurus yang terbuat dari karet. Orang tua/pendamping tidak diperkenankan untuk naik. Nah, berhubung Asha masih terlalu kecil untuk mengarahkan si Dino, saya terpaksa ikut jalan cepat sambil mengarahkan stir. Empat menit yang melelahkan… hahaha.
Why mama is not allowed to ride? :(


  • Kereta Beos. Kereta ini juga mirip choo choo train yang ada di mall. Tapi berjalan di ruang terbuka, mengelilingi Taman Legenda. Enak buat mama istirahat sejenak ;)
  • Bajak Laut. Wahana ini mirip dengan Kora-kora Dufan, tapi versi mininya.
  • Ulat Selur. Sebut saja mini coaster
  •  Mobil Tanjak. Kurang lebih seperti mini coaster, tapi karena untuk anak-anak, kecepatan dan relnya pun lebih bersahabat.
  •  Pojok Edukasi. Di pojok edukasi ini anak-anak bisa naik kuda tunggang, memberi pakan ternak seperti ke kelinci, dan naik andong.
  •  Museum Asmat.
Sayang, lima permainan terakhir tidak bisa dilakoni Asha. Asha masih terlalu kecil untuk bisa naik wahana Bajak Laut, Ulat Selur, dan Mobil Tanjak. Sementara untuk pojok edukasi dan Museum Asmat, sudah tutup saat kita datangi L

Akhirnya perjalanan pun kita akhiri dengan menyaksikan short movie di Teater Legenda. Animasi pendek yang menceritakan tentang Legenda Keong Emas ini cukup menarik untuk anak-anak, sekaligus menjadi penutup yang nyaman karena bisa beristirahat di ruangan berAC.

Tips untuk mengunjungi Taman Legenda, TMII:
  1.  Datang di pagi hari atau sore hari sekalian. Hindari tengah hari sampai sekitar jam 3. Panas. Wahana yang tidak terlalu banyak bisa dihabiskan dalam 3-4 jam saja kok
  2. Ada mini water park. Untuk yang mau main air, jadikan sebagai penutup rangkaian jalan-jalan saja. Tapi berarti harus datang lebih siang ya, karena water park tutup jam 5 sore.
  3. Utamakan Petualangan Dinosaurus dan Pojok Edukasi ya, karena wahana ini tutup di jam 5/6 sore.
  4. Datang di sore hari agar bisa menyaksikan suasana malam dengan lampu-lampu wahana menarik lho untuk berfoto.
Magic Hour at Taman Legenda


Sepertinya Taman Legenda ini masih akan menghadirkan permainan dan wahana lain ke depannya. Dengan wahana yang ada saat ini, harga Rp. 150.000 untuk tiket terusan terhitung tidak worth it. Jadi pastikan saja sedang ada promo atau tidak ya J

Comments

Popular Posts